Sunday, October 26, 2014

Cara Install iOS 8.1.2 Update pada iPhone, iPad atau iPod Touch

Akhirnya iOS 8.1.2 telah di rilis pada awal Desember 2014 kemarin dan support untuk device iPhone, iPad dan iPod Touch. Dalam update iOS  ini terdapat beberapa peningkatan performa (khususnya untuk iPhone 4S) dan beberapa fix bugs.

Berikut Device yang support untuk iOS 8.1.2 :
  • iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 5s, iPhone 5c, iPhone 5 and iPhone 4s
  • iPad Air, iPad 4, iPad 3 and iPad 2
  • Retina iPad Mini, 1st Gen iPad Mini
  • 5th Generation iPod Touch

Backup Terlebih Dahulu iOS Device

Lakukan proses Backup terlebih dahulu iPhone, iPad atau iPod Touch kalian sebelum mengupgrade iOS. Untuk proses membackup Device, kalian bisa menggunakan iTunes atau iTools (Untuk Backup Aplikasi). Backup ini dapat mencegah kita dari hal-hal yang dapat membuat data kita hilang, tetapi jika kita punya backup-an tersebut kalian dapat merestorenya kembali.

Baca Juga :
Cara Backup Menggunakan iCloud
Cara Backup Menggunakan iTunes

Cara Install iOS 8.1.2 via OTA (Over The Ait)

Sebelum kalian melakukan update via OTA ini. Colokkan/Plug in device kalian ke sumber listrik lalu siapkan tempat yang aman dengan sirkulasi terbuka agar device tidak terlalu panas. Lamanya kalian melakukan update via OTA ini tergantung pada koneksi internet kalian, Lalu, konekkan device ke Wi-Fi untuk menghindari penggunaan paket data pada saat update iOS.

Setelah device kalian tercover dengan Wi-Fi, buka Settings -> Software Update device akan melakukan cek dari update secara otomatis dan memberikan informasi apabila update yang tersedia di device kalian.


Ketika pop up muncul yang menandakan device kalian siap untuk di update klik "Download". Tinggal kalian menunggu sampai download selesai. Kemudian setelah proses download selesai kalian klik "Install" (Biasanya device akan memberikan pesan bahwa download sudah selesai dan siap untuk di install). Lalu, kalian buka kembali dan tap Settings -> Software Update dan proses intalasi file akan di mulai.

Catatan : Jika kalian ingin melakukan jailbreak pada iOS 8.1.2 maka disarankan untuk tidak melakukan melalui OTA karena dapat menyebabkan jailbreak tidak berhasil atau gagal.

Cara Install iOS 8.1.2 Menggunakan iTunes

Catatan : Cek terlebih dahulu apakah iTunes kalian sudah up to date, jika belum silahkan lakukan proses update iTunes ke versi yang terbarunya

Step 1 : Hubungkan iOS Device ke komputer menggunakan kabel USB. Tunggu sampai iTunes terbuka dan terhubung dengan Device kalian.

Step 2 : Klik Device Button yang berada di sebelah kiri "iTunes Store". Contohnya seperti gambar di bawah ini.


Step 3 : Klik "Check for Updates". Jika update iOS 8 tersedia maka akan otomatis mendownload dan menginstall update di Device kalian.


Step 4 : Setelah itu kalian akan mendapatkan notifikasi yang memberitahukan update tersedia dan dapat dilakukan. Kemudian Klik "Download and Update".


Catatan : Jika notifikasi memberitahukan bahwa iOS paling terbaru adalah 8.0.2 padahal Device kalian support, maka kalian harus melakukan Offline Update/Manual Update iOS. Lanjut ke step 5 ya..


Step 5 : Download Firmware untuk Device kalian pada link di bawah nanti (Size Downloadnya kira-kira 1.7 GB).

Catatan : 
- Lewati step ini jika kalian tidak memiliki kendala pada step 4.
- Cek Product Number Device kalian yang berada pada casing belakang Device.
- Pastikan Download berjalan sukses, tidak ada kendala seperti corrupt file atau gagal download.

iPad:


iPhone:


iPod Touch:


Jika kalian tidak tahu atau ragu terhadap Model Number dari Device kalian bisa cek link di bawah ini :

Step 6 : Setelah Download selesai. kalian harus melakukan hal-hal di bawah ini :

Untuk Windows : Tekan tombol 'Shift' kemudian klik "Check for Updates", akan terbuka File Manager. Kemudian pilih Firmware yang tadi sudah di download.
Untuk Mac :  Tekan tombol 'Option' kemudian klik "Check for Updates", akan terbuka File Manager. Kemudian pilih Firmware yang tadi sudah di download.

Step 7 : Jika kalian mendapatkan pesan notifikasi kalau iTunes akan melakukan Update pada iPhone atau iPad atau iPod Touch dan melakukan proses verifikasi install. Klik "Update" untuk melanjutkan ke step berikutnya.

Step 8 : Pada step ini kalian akan diberitahukan release note nya. Kemudian klik "Next", lalu "Agree".

Step 9. Jika kalian mengupdatenya secara otomatis maka proses download akan berjalan dan berlanjut ke proses ekstrak file dan install iOS. Apabila kalian melakukannya secara manual proses ekstrak dan install iOS akan berjalan. 

Step 10 ; Jangan melepas sambungan Device kalian ke Komputer sampi proses install/upgrade selesai. Kemungkinan pada saat proses penginstallan Device kalian akan melakukan restart minimal satu kali atau mungkin lebih. Setelah proses upgrade iOS 8.1 selesai pesan Hello Screen akan muncul yang menandakan bahwa upgrade telah berhasil. Selanjutnya kalian tinggal mengikuti panduan yang ada pada Device (Getting Started).

Jika kalian memiliki pertanyaan atau apapun. Silahkan bertanya melalui kolom komentar. Jangan lupa untuk Follow Twitter @SpotGadget dan Like Pagesnya di Facebook Spot Gadget. Terima Kasih

Baca Juga :
Cara Jailbreak iOS 8.1.2 untuk iPhone, iPad dan iPod Touch menggunakan TaiG
Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Upgrade OS


Punya Pertanyaan? Silahkan Berkomentar.
Jangan Memasukkan Link Hidup dan Spam
EmoticonEmoticon