Wednesday, September 17, 2014

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Upgrade OS Smartphone


Upgrade Sistem Operasi dari Smartphone itu diperlukan, karena beberapa update-an Sistem Operasi biasanya memperbaiki bugs, meningkatkan performa, kemanan dan fitur dari Sistem Operasi tersebut.

Dalam melakukan upgrade sebuah sistem operasi kita tidak boleh melakukannya tanpa persiapan dan terburu-buru. Semua itu dapat mengakibatkan Smartphone kita jadi malfungsi atau crash. Hal tersebut dapat dicegah dengan beberapa step yang akan mimin jelaskan. Apa aja itu? Lets check this out!


1. Persiapkan Semua dengan Matang

Sebelum melakukan proses pengupgradean disarankan untuk mempersiapkan semua yang dibutuhkan untuk melakukan proses upgrade os, seperti : mempersiapkan tools-tools yang nanti akan di gunakan. Jika persiapan telah siap, kemudian kalian pelajari cara upgrade os dengan benar yang ada di internet. Satu hal lagi yang tidak boleh terlewat adalah cek juga forum-forum yang membahas tentang upgrade os atau suatu smartphone untuk mengetahui penyelesaian masalah jika terjadi error.

2. Periksa Informasi Sistem Operasi Baru

Persiapan sudah. Kemudian kalian harus mengecek informasi dari OS yang baru. Mulai dari size, change log, kompatibilitas dan lainnya. Lakukan segera upgrade OS jika change log (perubahan) menyangkut tentang performa dan keamanan. Cermati juga, apakah OS tersebut dalam keadaan Beta atau sudah Official Release untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Cek Kompatibilitas Sistem Operasi dengan Smartphone Kalian

Lakukan cek kompatibilitas sebelum kalian akan mendownload update-an OS (Jika kalian melakukan upgrade secara offline). Terkadang beberapa Smartphone tidak mendapatkan updatean OS terbarunya, karena faktor device itu sendiri. Jadi cermati juga kompatibilitas antara OS dengan Device yang kalian gunakan. 


Kita ambil contoh iPhone 4 : iPhone 4 dapat di upgrade sampai iOS7. Kemudian kalian ingin upgrade ke iOS 8 nantinya. Hal tersebut tidak dapat dilakukan karena iPhone 4 hanya kompatibel dengan iOS 7 atau iOS sebelumnya.

4. Backup File dan Aplikasi

Selalu Backup File dan Aplikasi kalian sebelum melakukan Upgrade OS, karena takutnya kalian akan kehilangan file dan aplikasi kalian setelah melakukan upgrade. Untuk melakukan backup file dan aplikasi kalian dapat melakukannya di Komputer. Pastikan juga komputer kalian aman dari virus. Ngga maukan Smartphone kalian nanti kena virus atau datanya malah korup? :(

5. Berdoa dan Bersabar 

Ini hal yang menurut mimin paling penting. Berdoa dan Bersabar, kesabaran sangat penting pada saat kita mengupgrade OS apalagi ketika OS tersebut mengalami kendala pada Smartphone yang kalian miliki. Jangan lupa juga berdoa sebelum melakukan sesuatu agar dimudahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Jika kalian memiliki pertanyaan atau apapun. Silahkan bertanya melalui kolom komentar. Jangan lupa untuk Follow Twitter @SpotGadget dan Like Pagesnya di Facebook Spot Gadget. Terima Kasih


Punya Pertanyaan? Silahkan Berkomentar.
Jangan Memasukkan Link Hidup dan Spam
EmoticonEmoticon