Friday, January 9, 2015

10 Tips Menghemat Baterai Device Android Kalian

Jika kalian adalah Android user pastinya masalah baterai adalah hal yang sering di temui. Sebenernya penyebab baterai kalian cepat terkuras adalah display screen dari lcd device kalian. Kira-kira hampir 50% baterai kita di gunakan untuk screen, kedua adalah os android sendiri sekitar 17% dan lain-lainnya.

Pernahkah kaliah mendengar kalau ketika pertama kali membeli handphone diharuskan untuk melakukan charging hingga full? Sebenernya hal itu tidak perlu, akan lebih baik jika kalian cukup mengisinya sampai setengah.

Kemudian apa saja sih langkah-langkah untuk menghemat baterai device Android kalian? Berikut ulasannya. Check this out.

1. Matikan Auto-Brightness


Jika device Android kalian menggunakan Auto-Brightness disarankan untuk mematikannya, memang bagus tetapi dalam beberapa kondisi layar handphone kalian akan lebih terang daripada biasanya. Jadi kalian harus mematikan Auto-Brightness ini dan mengatur manual Brightness dari layar handphone. Ini adalah salah satu cara ampuh untuk mengurangi konsumsi daya baterai untuk screen.


2. Matikan "Getar"


Kebanyakan para pengguna device Android selalu mengaktifkan Mode Getar, tapi kenyataannya Mode Getar pada handphone lebih menguras baterai dibandingkan kalian mengaktifkan Mode Dering. Jadi disarankan kalian menggunakan Mode Dering saja, jika tidak ingin suara yang bising kalian dapat mengecilkan volume ringtone. Yaa setidaknya dapat memperpanjang hidup device kalianlah ya. It's up to you.

3. Gunakan Baterai Original


Selalu gunakan baterai Original untuk device kalian, karena dapat mengurangi resiko kerusakan pada hardware dari device. Selain itu, baterai original memiliki kapasitas dan daya output yang sesuai dengan kebutuhan dari device yang kalian miliki. Jadi, masih bandel mau beli baterai kw?

4. Atur Timeout Layar
Cara ini dapat kalian lakukan dengan meminimalkan timeout pada layar. Kalian dapat mengatur timeout layar menjadi 15 detik atau lebih rendah daripada itu. Semakin kecil waktu timeout semakin cepat layar akan mati ketika tidak di gunakan dalam waktu yang telah di tentukan dan tentunya dapat menghemaat daya baterai device android.

5. Matikan Notifikasi

Image by Android PIT

Jika device Android kalian memiliki fitur "sleep times" atau "blocking mode" maka disarankan menggunakannya ketika kalian sedang tidak menggunakan handphone dalam jangka waktu yang lama atau saat sedang tidur. Dengan fitur tersebut akan memblokir semua notifikasi, panggilan masuk dan led indicator.

Apabila device kalian tidak mempunyai fitur diatas kalian dapat mengaktifkan Airplane Mode. Alternatif lainnya adalah menggunakan Auto Data. Dengan aplikasi ini kalian dapat mengatur rentang penggunaan koneksi pada device. Lebih lanjutnya kalian dapat membaca Cara Menghemat Baterai Device Android Menggunakan Auto Data. Langkah langkah tadi dapat mengurangi konsumsi baterai dari device milik kalian.


6. Matikan Konektifitas yang Tidak diperlukan
Nontaktifkan Bluetooth, Wi-Fi, NFC atau konektifitas lainnya jika kalian tidak menggunakannya. Hindari menggunakan Mobile Data bersamaan dengan Wi-Fi karena dapat menguras baterai dengan sangat cepat. Jika kalian sering berada dalam jangkauan Wi-Fi diusahakan untuk mengaktifkannya dan mematikan Mobile Data karena konsumsi untuk Wi-Fi lebih kecil daripada Mobile Data.

7. Hilangkan Widget
Maksud disini bukan setiap widget harus kalian hilangkan, tetapi kalian hapus widget yang menggunakan koneksi internet, seperti widget cuaca, news feed atau lainnya. Dengan begitu kapasitas baterai device kalian akan bertahan lama.

8. Selalu Update Aplikasi di Device Kalian
Kok begitu? Iya karena biasanya developer aplikasi akan mengupdate aplikasi buatannya dikarenakan untuk optimalisasi seperti pengurangan resource pada RAM sampai longlast battery life.

9. Gunakan Power Saving


Jika kondisi baterai kalian dalam keadaan low, maka gunakanlah power saving mode. Memang performa jadi menurun tetapi daripada device kalian kehabisan daya dan kalian mati gaya ya kan? Jika kalian tidak ingin ribet mengatur battery saving kalian dapat menggunakan aplikasi yang dapat di download di Play Store.

10. Matikan Location Service
Mematikan Location Service pada device android kalian benar-benar dapat menghemat daya dan data plan kalian (paket data maksudnya). Tetapi kekurangannya adalah device kalian tidak dapat melakukan update lokasi tempat kalian berada, dan untuk yang suka check in di path kemungkinan path tidak dapat membaca lokasi kalian berada sekarang. Kurang lebih begitu.

We done. Kalian punya tambahan lain? Silahkan berikan masukan kalian di kolom komentar. Jangan lupa untuk Follow Twitter @SpotGadget dan Like Pagesnya di Facebook Spot Gadget. Terima Kasih.

Artikel Penghematan Lainnya : 


Punya Pertanyaan? Silahkan Berkomentar.
Jangan Memasukkan Link Hidup dan Spam
EmoticonEmoticon