Tuesday, October 21, 2014

Solusi Error pada Google Play Store


Pernah ga sih kalian mengalami kondisi dimana kalian menemukan aplikasi yang menarik di Google Play Store tapi pas install atau download muncul pesan fatal error? Berhubung error pada Play Store ini beragam, maka mimin akan menjelaskan secara detil dari kendala beserta solusinya.

Berikut adalah Cara Memperbaiki Masalah pada Google Play Store. Check this out!

Google Play - Error 491

Problem

Download and Updates Impossible

(Tidak dapat Download dan Update)

Solusi

Hapus Google Accound dengan cara Setting -> Account kemudian Pilih 'Google'. Tekan atau Pilih Remove Account lalu Reboot Device kalian. Setelah proses Reboot, buka Setting -> Apps kemudian cari 'Google Services' lalu klik 'Clear Data' dan 'Force Stop'. Coba kembali untuk mendownload dan update Aplikasi melalui Google Play Store.

Google Play - Error 498

Problem

Interruption of Downloads from The Google Play Store

(Gagal dalam Men-download dari Google Play Store)

Solusi

Penyebab dari masalah ini adalah penuhnya Cache yang ada di Device kalian. Pertama tama yang kalian harus lakukan adalah menghapus aplikasi yang tidak di butuhkan. Kemudian masuk ke Recovery Mode. Caranya adalah menekan tombol 'Volume Down' + Power dan Home Buttons (Untuk Samsung) atau tekatn tombol 'Volume Down' dan Power Button (Untuk Device Lainnya).

Ketika kalian sudah berada di Recovery Mode akan terdapa beberapa option. Untuk menghapus Cachenya kalian pilih "Wipe Cache Partition". Untuk menggerakkannya kalian dapat menggunakan tombol 'Volume', setelah itu tekan tombol 'Power'. Selesai.

Google Play - Error 919

Problem

Downloading the app works but id does not open once download

(Download aplikasi berhasil, tetapi tidak dapat membuka aplikasinya)

Solusi

Sebenernya problem ini di karenakan device kalian kekurangan space untuk menampung data dan cache aplikasi. Saran mimin untuk menghapus lagu, video dan gambar atau aplikasi yang tidak di butuhkan.

Google Play - Error 413

Problem

Downloading applications or updates is impossible. If you use a proxy, remember that it may cause problems with the operation of the Google Play Store.

(Jika kalian menggunakan proxy masalah tidak bisa download dan update mungkin dapat terjadi)

Solusi

Buka Setting -> Apps kemudian swipe ke 'All'. Carilah "Google Services" kemudian klik 'Clear Data' dan 'Force Stop'. Lakukan hal yang sama pada aplikasi "Google Play Store" nya.


Google Play - Error 923

Problem

The download is impossible: error while syncing your Google account or insufficient cache memory.

(Tidak bisa men-Download dikarenakan error saat melakukan sync ke Google Akun kalian atau tidak cukup cache memory)

Solusi

Hapus 'Google Account' dan aplikasi yang tidak berguna. Kemudian Reboot device ke Recovery Mode. Caranya adalah menekan tombol 'Volume Down' + Power dan Home Buttons (Untuk Samsung) atau tekatn tombol 'Volume Down' dan Power Button (Untuk Device Lainnya). Kemudian pilih "Wipe Cache Partition". Setelah itu kalian set up ulang Google Accountnya.

Google Play - Error 921

Problem

You cant download an App

(Tidak dapat mendownload Aplikasi)

Solusi

Coba untuk menghapus cache dari Google Play Store. Jika tidak ada perubahan, delete semua data dari aplikasi Play Store, tapi konsekuensinya kalian akan kehilangan setting yang sudah dibuat di Play Store. Kemudian yang terakhir adalah menghapus 'Google Account' lalu restart device dan set up ulang.


Google Play - Error 403

Problem

The download is impossible and the request is ''forbidden''. This usually happens when two Google accounts are used to buy applications on one device.

(Tidak bisa download dan pada saat melakukan request terjadi "forbidden". Biasanya terjadi karena ada dua Google Account yang melakukan pembelian application dalam satu device)

Solusi Pertama

Buka Google Play Store dengan Google Account yang valid. Uninstall aplikasi yang terjadi error. Kemduian install kembali aplikasi dari Google Play dan pilih purchase button.

Solusi Kedua

Hapus proxy yang kalian gunakan pada menu setting, lalu pilih "Wireless and Networks (atau More) -> Mobile Network -> APN kemudian kalian tinggal "Clear Proxy" aja.

Solusi Ketiga

Solusi lainnya adalah menghapus "Search History" yang dapat kalian lakukan di Play Store melalui Settings button.

Solusi Keempat

Coba untuk membuat Google Account yang baru yang nantinya akan di gunakan untuk Play Store. Caranya adalah buka Google Play dan pilih Menu Buttons, kemudian pilih "Accounts" dan pilih new Gmail Account. Tinggal daftar aja, pastikan datanya valid ya. Setelah itu kalo udah punya Account baru tinggal re-install aja aplikasinya.


Google Play - Error 492

Problem

It’s impossible to install an application due to the Dalvik cache.

(Tidak dapat menginstall aplikasi akibat Dalvik Cache)

Solusi

Pada menu Settings, pilih Apps kemudian swipe ke 'All' kemudian cari Google Service. Kalian lakukan clear data dan force stop. Lakukan hal yang sama seperti tadi pada Google Play Store App.

Catatan : Jika masih tidak bisa juga. Coba untuk menghapus Dalvik Cache. Untuk melakukan hal tersebut kalian harus masuk ke custom recovery mode (jika kalian sudah me-root device). Solusi lainnya adalah melakukan data wipe/factory reset. Berhati-hati melakukan factory reset karena data kalian seperti aplikasi akan hilang, jadi lebih baik di backup terlebih dahulu.

Google Play - Error 927

Problem

The download is impossible because an update of the Play Store is in progress.

(Tidak dapat melakukan download karena Play Store sedan melakukan Update)

Solusi

Tunggu beberapa menit sampai Google Play Store menyelesaikan update. Jika tidak ada perubahan. Lakukan hal ini, buka 'Settings', kemudian Apps, swipe ke 'All' dan pilih Google Services. Klik pada clear data dan force stop. Lakukan juga terhadap Google Play Store, caranya sama persis kok.

Jika kalian sudah mengikuti langkah di atas tapi tidak terjadi perubahan sama sekali. Cara satu-satunya ya itu wipe data/factory reset gitu. Tapi sebelum melakukan wipe data lakukan proses backup untuk mencegah hilangnya data.

Image by AndroidPit

Google Play Install Error 961

Problem

Problems when installing Android apps from the Play Store.

(Masalah ketikan menginstall Aplikasi Android dari Play Store)

Solusi

Jika aplikasi yang kalian install itu berbayar, maka lakukan refund terlebih dahulu. Untuk caranya nanti mimin akan share di next postingan, Oh iya untuk melakukan refund kalian mempunyai waktu 15 menit (Kayak uang kaget aja yaaa beda tipis lah).

Setelah itu kalian buka Settings -> Apps kemudian swipe ke 'All' cari dan buka Google Play kemudian kalian clear cache. Jika masih tidak ada perubahan kalian lakukan juga clear data Google Play.

Jika kalian memiliki pertanyaan atau apapun. Silahkan bertanya melalui kolom komentar. Jangan lupa untuk Follow Twitter @SpotGadget dan Like Pagesnya di Facebook Spot Gadget. Terima Kasih

Baca Juga Cara Menghapus 'Search History' di Google Play Store

Punya Pertanyaan? Silahkan Berkomentar.
Jangan Memasukkan Link Hidup dan Spam
EmoticonEmoticon