Monday, January 12, 2015

6 Tips Mengambil Gambar Layaknya Profesional dengan iPhone


Kamera iPhone memiliki fitur-fitur yang sangat baik untuk membantu kalian dalam mengambil foto apapun itu. Jika kalian adalah seniman fotografi iPhone (iPhoneography) mungkin beberapa dari tips di bawah ini dapat membantu kalian mengambil sebuah foto layaknya profesional hanya dengan menggunakan iPhone.


1. Gunakan Grid pada Kamera


Terkadang foto yang kalian ambil itu terlihat miring, padahal pada waktu mengambil gambarnya dalam posisi tegak. Nah untuk menghindari kesalahan tersebut kalian dapat mengaktifkan Grid pada Kamera iPhone kalian. Caranya Settings -> Photo & Camera tap pada Grid. Dengan mengaktifkan Grid kalian dapat memudahkan kalian menentukan fokus pada objek yang kalian foto dan mengoptimalkan letak atau sudut objek yang akan kalian ambil.

2. Aktifkan Mode HDR


Dalam aplikasi kamera iPhone terdapat sebuah Mode HDR yang dapat meningkatkan kualitas gambar dari foto yang kalian ambil. HDR sendiri memiliki arti High Dynamic Range Jadi dnegan mengaktifkan Mode HDR kalian dapat menghindari hasil foto yang overexposed atau gelap. Untuk mengaktifkannya kalian tap pada Mode HDR yang letaknya di atas.

Berikut adalah contoh foto yang menggunakan HDR dan Tidak.



3. Hindari menggunakan Digital Zoom


Ini yang paling terpenting. Usahakan untuk menghindari menggunakan zoom digital pada kamera, karena dapat membuat hasil foto yang kalian ambil memiliki banyak distorsi. Kami menyarankan untuk mengambil fotonya terlebih dahulu kemudian lakukan crop pada foto sehingga gambar objek terlihat lebih besar dan dapat mengurangi distorsi dari gambar.Cara tersebut lebih baik daripada kalian melakukan zoom pada saat pengambilan gambar.


4. Gunakan Aplikasi Fotografi Pihak Ketiga


iPhone memang baik untuk mengambil foto dalam cahaya terang. Tetapi apabila kalian mencoba mengambil foto dalam keadaan kekurangan cahaya pasti terdapat distorsi pada hasil fotonya. Untuk menghilangkan distorsi tersebut kalian dapat menggunakan aplikasi fotografi yang dapat kalian download melalui App Store. Tidak hanya menghilangkan distorsi dengan aplikasi tersebut kalian dapat mengatur expose, menentukan letak fokus, menambahkan efek dan lain-lain. 

Aplikasi yang direkomendasi oleh kami adalah Pro Camera 8+ yang bisa kalian download di App Store. Aplikasi ini berbayar sehingga sebelum menginstall kalian harus membayar $2.99.

Baca Juga : Aplikasi Kamera Terbaik untuk iPhone

5. Gunakan Filter


Filter dapat kalian gunakan untuk mempercantik dari foto yang telah di ambil. Dengan filter kalian juga dapat mengubah tema dari foto tersebut, misalkan kalian menggunakan filter Sepia yang membuat foto menjadi lebih terlihat vintage atau black and white yang membuat efek foto jadul dan bla bla bla.

6. Gunakan Lensa Tambahan


Kalian tahu lensa macro? Yap dengan lensa tersebut dapat membuat foto menjadi lebih bersih dan detailnya lebih tajam. Pilihan lain adalah lensa fish eye. Oh iya, aksesoris yang sudah dijelaskan dapat kalian beli di toko aksesoris handphone atau di toko online.

Punya tips lainnya menyangkut dari artikel di atas? Silahkan sampaikan melalui kolom komentar. Jangan lupa untuk Follow Twitter @SpotGadget dan Like Pagesnya di Facebook Spot Gadget. Terima Kasih.


Punya Pertanyaan? Silahkan Berkomentar.
Jangan Memasukkan Link Hidup dan Spam
EmoticonEmoticon