Cara Membersihkan Virus RECYCLER/Folder pada USB Disk



Hallo Sobat Gadgeter's. Kalo kita bicarain tentang Flashdisk. Apa sih yang terpikirkan oleh kalian? Ya. media penyimpanan yang terbilang portable karena bentuknya yang kecil dan mudah di bawa kemana-mana. Tapi di balik kelebihannya tersebut terdapat bahaya yang mengancam pengguna Flashdisk. Apa itu? Pastinya virus, dan kita juga tahu kalau Flashdisk sangat rentan dengan Virus.

Lalu, bagaimana Flashdisk bisa terjangkit virus? Gampang saja ketika kalian mencolokkan Flashdisk ke Komputer yang sudah terjangkit dengan virus dapat dengan mudah masuk melalui autorun. Biasanya Flashdisk yang terkena virus itu adalah Hilangnya Folder atau File yang menjadi Shortcut. Sebenernya Folder kalian itu tidak hilang, tetapi hanya terhidden oleh virus tersebut. Atau yang lebih parahnya adalah virus akan membuat Folder yang banyak yang berisi virus juga.

Nah, terus gimana cara menghilangkannya? Simak aja pembahasan mimin ya.. Check this out!

Problem

Flashdisk yang Terjangkit Virus Recycler
( Click The Image for Full Screen)

Nah loh? Pas nyolokin Flashdisk tiba-tiba Folder sama data-data jadi ilang. Jangan panik tetap tenang, sebenernya Folder dan Data kalian hanya terhidden. Terus? Gimana cara ngeliatnya? Gampang kok, gini kalian buka "Folder Option". Seperti gambar di bawah ini :

Folder Option
( Click The Image for Full Screen )

Lalu, kalian uncheck list persis sama kayak yang ada di gambar. Nanti kalo udah tinggal "OK" aja.

Folder yang Terhidden Muncul
( Click The Image for Full Screen) )

Nah munculkan? Lho kok Datanya masih ilang? Gini, kalian buka aja Folder yang iconnya "Gambar Drive" (Menurut pengalaman mimin ya). Nanti di dalemnya ada File/Data Kalian.

Preparation

Untuk menghapus virus ini ternyata mudah kok. Tinggal siapin Antivirus yang dapat membaca Virus Flashdisk. Contoh : Kaspersky, NOD Antivirus, dan lain-lain. Oke, sekarang di step ini kita mulai dari Preparation (Persiapan).

1. Koneksi Internet. (Berguna untuk Meng-update Antivirus. Persiapan ini sifatnya Optional. Jadi tidak di update juga tidak apa-apa tetap bisa mendetect).

2. Download dan Install Antivirus
Note : Dalam kasus ini mimin menggunakan "Kaspersky Internet Security 2014"
Kaspersky memang Antivirus yang berbayar, tetapi kalian dapat mencobanya dalam masa "Free Trial" untuk menghapus virus tersebut. Jika kalian sudah menggunakan Kaspersky skipp aja.

Cara Download Kaspersky :
b. Pilih "Kaspersky Internet Security". Lalu klik "Download Now"
c. Kalian akan di redirect ke Halaman Download. Tinggal masukkan E-Mail kalian. Lalu "Proceed Download"

3. Flashdisk yang Terinfeksi Virus

Process

1. Kalian colok Flashdisk kalian. Ketika 'Autorun' keluar, kalian Close saja
2. Kaspersky akan menampilkan Pop Up seperti berikut

Kaspersky Pop Up USB Scan
( Click The Image for Full Screen )

Ketika muncul Pop Up di atas kalian pilih "Scan". Nanti Kaspersky akan melakukan scanning pada Flashdisk dan akan menghapus/mendisinfect secara otomatis Virus yang ada di Flashdisk.

3. Virus pun hilang! Lho? Min kok Foldernya masih ke Hidden sih? Nanti mimin jelasin di posting berikutnya ya
Baca : Cara Menampilan Kembali Folder/File yang Hilang di USB Disk

Pencegahan

Nah virusnya udah hilang. Terus? Gimana caranya biar Virus itu ngga balik lagi ke Flashdisk dan Menjangkit Laptop/PC kita? Ikutin step di bawah ini ya :
1. Matikan Autorun untuk Removable Disk.
2. Gunakan Antivirus yang Up to Date.
3. Saran dari mimin gunakan Aplikasi USB Disk Security. Aplikasi ini dapat cukup ampuh menangkal Virus Flashdisk yang akan menjangkit Laptop/PC kalian.
4. Jangan sembarangan mencolok Flashdisk, terutama di Warnet/Tempat Print. Jika terlanjur yasudah tinggal di Scan aja pake Kaspersky.
5. Selalu amankan data Flashdisk dengan mem-Backupnya secara berkala.

Mungkin segitu aja mimin yang bisa bahas. Kalo ada kata-kata yang kurang jelas dan salah mohon di maafkan. Ada Saran? Pertanyaan? Silahkan berkomentar. Terima Kasih sudah berkunjung. Byeeeee.....

Jangan lupa Follow Twitter @SpotGadget.


Hallo, I'm Part Timer Blogger for Applenesian. Join Applenesian Community on LINE @applenesian. Thanks for coming.

Punya Pertanyaan? Silahkan Berkomentar.
Jangan Memasukkan Link Hidup dan Spam
EmoticonEmoticon